Welcome to MSM Consulting

News

ARTICLE 2022.07.08

3 Fungsi Utama Pajak Bagi Negara dan Pemerintah

GET NOTIFIED
SHARE

Hampir semua negara di dunia melakukan pemungutan pajak, termasuk Indonesia. Namun, tentunya pajak ini memiliki berbagai macam fungsi yang memang bermanfaat bagi negara, pemerintahan dan masyarakat. Simak selengkapnya mengenai 4 fungsi utama pajak bagi negara dan pemerintahan dalam artikel berikut ini!


Baca juga: Dividen Tidak Kena Pajak, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Fungsi Anggaran

Untuk bisa melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk di antaranya pembangunan, negara membutuhkan sumber pendapatan untuk masuk ke kas negara, salah satunya adalah melalui pajak. 


Salah satu fungsi pajak adalah sebagai sumber anggaran negara yang nantinya akan digunakan untuk membiayai berbagai pengeluaran rutin negara yang akan bermanfaat bagi masyarakat pula. 

Fungsi Demokrasi

Dengan terlibatnya masyarakat dalam pembiayaan negara, maka berkaitan dengan fungsi pajak yang kedua, yaitu fungsi demokrasi. Dengan ikut membayar pajak, maka akan terdapat unsur kerja sama, kekeluargaan, dan gotong royong untuk membangun kesadaran masyarakat dalam turut membangun perekonomian negara. 

Fungsi Mengatur

Berikutnya, fungsi pajak bagi pemerintah adalah dari segi pengaturan atau yang sering disebut sebagai Fiscal Policy. Dalam hal ini, fasilitas perpajakan diberikan agar investor dapat menyalurkan dana tersimpan (private saving) menjadi dana investasi (private investment). 


Dalam hal ini, beberapa bentuk insentif pajak yang diberikan adalah seperti tax holiday atau tax allowance.  


Untuk lebih detailnya lagi, fungsi mengatur pajak ini dapat dibagi ke 3 fungsi, yaitu: 

Fungsi Alokasi

Fungsi alokasi pajak berkaitan dengan penyediaan fasilitas umum (public goods) untuk masyarakat umum. Penyediaan fasilitas umum seperti jalan, polisi dan sebagainya biasanya tidak dilakukan pihak swasta karena pandangan inefesiensi. 


Sementara itu, sumber pendanaan selain pajak dapat berdampak negatif bagi pemerintahan. Sebagai contohnya, pinjaman luar negeri dapat menyebabkan ketergantungan terhadap negara lain, pencetakan uang yang lebih banyak dapat menyebabkan terjadinya inflasi, dan lain sebagainya. 


Oleh karena itu, pajak memiliki fungsi alokasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan penyediaan fasilitas umum tersebut yang dianggap paling efektif dan aman. 


Baca juga: Jenis-Jenis Status Kewajiban Perpajakan Suami Istri dan Perbedaannya

Fungsi Distribusi

Selain itu, ada pula fungsi distribusi pajak. Dalam hal ini, masyarakat di Indonesia memiliki status ekonomi yang berbeda-beda. Dengan adanya penerapan pajak, pemerintah bisa memberikan kewajiban membayar pajak yang sesuai dengan kemampuan membayar mereka (ability to pay). 


Selanjutnya, dana dari pajak tersebut dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih murah, fasilitas pendidikan yang lebih terjangkau hingga subsidi kebutuhan pokok kepada masyarakat yang kurang mampu. 


Tujuan fungsi distribusi pajak adalah untuk menyeimbangkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta meminimalisir kesenjangan ekonomi dan sosial antar masyarakat dengan golongan yang berbeda. 

Fungsi Stabilisasi

Fungsi stabilisasi dari pajak adalah berkaitan dengan menjaga stabilitas perekonomian dari suatu negara. Sebagai contohnya, masalah-masalah ekonomi seperti inflasi, keleusan ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang terhambat, serta masalah makro ekonomi lainnya tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pasar, sehingga pemerintah harus turun tangan dalam menstabilkan situasi tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan pajak. 


Sebagai contohnya, jika terjadi inflasi, pemerintah bisa menetapkan pajak yang lebih tinggi un5uk mengurangi jumlah uang yang beredar. Sementara itu, jika terjadi deflasi atau ekonomi yang cenderung lesu, pemerintah bisa menetapkan nilai pajak yang lebih kecil untuk meningkatkan jumlah uang yang beredar sekaligus aktivitas ekonomi yang lebih intens.    


Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai 3 fungsi utama pajak dan manfaat pajak bagi pembangunan. Pada akhirnya, pajak yang kita kumpulkan akan digunakan juga untuk kepentingan kita baik dari bentuk fasilitas umum, pelayanan publik, dan lainnya. 


Untuk kamu yang mengalami kesulitan untuk urusan perpajakan, konsultasikan langsung masalah kamu kepada MSM Consulting. 


MSM Consulting menyediakan berbagai jasa tax consulting terpercaya yang bisa membantu menyelesaikan masalah perpajakan pribadi maupun bisnis kamu. 


Hubungi kami sekarang lewat sini.

TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps