Welcome to MSM Consulting

News

ARTICLE 2022.06.16

Cara Mengetahui EFIN Pajak Online: Aktivasi Baru dan Lupa

GET NOTIFIED
SHARE

Nomor EFIN sangatlah penting untuk pelaporan SPT Tahunan maupun aktivitas perpajakan lainnya. Untuk kamu yang ingin melakukan aktivasi maupun melupakan nomor EFIN kamu, simak cara mengetahui EFIN pajak online 2022 secara mudah berikut ini! Kamu tidak perlu datang ke kantor pajak, lho.

Apa itu Nomor EFIN Pajak?


EFIN adalah kependekan dari Electronic Filling Identification Number, yaitu nomor khusus yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) kepada Wajib Pajak (WP) dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan perpajakan, seperti pelaporan SPT hingga pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak. 

Contoh Nomor EFIN Pajak

Untuk bisa lebih memahami mengenai nomor EFIN pajak, berikut merupakan contoh nomor EFIN pajak yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seputar perpajakan. 


contoh nomor EFIN pajak

 


Ada berapa digit dalam nomor EFIN? Nomor EFIN pajak terdiri dari 10 digit nomor identitas. 

Cara Mendapatkan EFIN Online 2022

Karena berbagai aktivitas perpajakan membutuhkan EFIN, tentunya sangat penting untuk memiliki kode tersebut, apalagi di masa-masa pelaporan SPT Tahunan untuk Wajib Pajak (WP) pribadi. Cara mendapatkan EFIN pun sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara online. Berikut lengkapnya. 

  1. Siapkan dokumen penunjang yang dibutuhkan, yaitu foto NPWP, foto KTP, serta foto selfie+KTP
  2. Setelahnya, temukan kode khusus dari KPP yang menerbitkan NPWP kamu. Caranya pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengecek nomor NPWP kamu dan mengambil tiga angka yang berada di posisi paling belakang sebelum angka .000. Sebagai contoh, jika nomor NPWP kamu adalah 12.345.678.0-912.000, maka kode khusus KPP kamu adalah 912. 
  3. Setelahnya, kirimkan email ke KPP bersangkutan dengan alamat email kpp.[kode khusus 3 digit]@pajak.go.id. Untuk contoh sebelumnya, maka kamu bisa mengirim email ke kpp.912@pajak.go.id
  4. Untuk bagian badan email, kamu bisa menyertakan alamat email dan nomor handphone kamu, sekaligus melampirkan dokumen-dokumen yang telah disebutkan sebelumnya dalam poin 1. 
  5. Selanjutnya, tunggu balasan email dari KPP bersangkutan yang akan berisikan nomor EFIN kamu. 


Mudah sekali, bukan? Aktivasi nomor EFIN di tahun 2022 tersebut dapat dilakukan secara online tanpa perlu datang langsung ke kantor KPP bersangkutan. 

Cara Mengetahui EFIN yang Lupa

Cek Kembali Email dari KPP


Jika aktivasi dilakukan secara online dengan cara yang disebutkan di atas, seharusnya tidak ada masalah karena kamu tinggal mengecek kembali email dari KPP untuk bisa menemukan nomor EFIN yang kamu lupakan tersebut. 


Pertanyaannya adalah bagaimana jika email tersebut tidak bisa lagi kamu temukan atau kamu tidak memperoleh EFIN secara online seperti cara yang disebutkan sebelumnya di atas? Berikut beberapa cara mengetahui EFIN pajak yang kamu lupakan tersebut. 

Menghubungi KPP Resmi Lewat Telepon/Whatsapp


Salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kembali nomor EFIN kamu adalah dengan langsung menghubungi KPP resmi yang menerbitkan NPWP kamu. Untuk mengetahui nomor telepon KPP sesuai daerah kamu, cek di laman ini. 


Selanjutnya, kamu bisa mengajukan permohonan layanan lupa EFIN dengan menyediakan sejumlah data-data yang akan diminta sebagai Proof of Record Ownership (PORO). Sebagai catatan, untuk mencegah penyalahgunaan, satu panggilan telepon/whatsapp hanya dapat digunakan untuk satu kali layanan lupa EFIN. 

Agen Kring Pajak

Selain lewat telepon/whatsapp, kamu juga bisa coba menghubungi kontak kring pajak resmi, misalnya saja lewat Twitter resmi @kring_pajak, nomor telepon pusat 1500200, maupun live chat di www.pajak.go.id. 


Pastikan untuk menyiapkan beberapa dokumen penting seperti nomor NPWP, nama lengkap, alamat, serta alamat email terdaftar. 


 Nah, itu dia cara mengetahui EFIN Pajak Online 2022 secara mudah, baik itu untuk aktivasi baru maupun lupa nomor. Cukup sederhana, bukan?


Untuk kamu yang masih bingung masalah NPWP, EFIN,  maupun urusan perpajakan lainnya, konsultasikan langsung masalah kamu kepada MSM Consulting. 


MSM Consulting menyediakan berbagai jasa tax consulting terpercaya yang bisa membantu menyelesaikan masalah perpajakan pribadi maupun bisnis kamu. 


Hubungi kami sekarang lewat sini.

TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps