Welcome to MSM Consulting

News

NEWS 2023.01.07

Presiden Jokowi Bangga ASEAN Perkuat Sistem Pembayaran Digital Lintas Negara

GET NOTIFIED
SHARE

Pesan Pakde Jokowi Jangan Pesimis. Event G20 yang dihadiri oleh 17 pemimpin negara di Bali, 14 November 2022, membuahkan beberapa keputusan penting, sesuai infografis berikut. Di setiap kesulitan selalu ada peluang!

 


Berikut manuver penting yang perlu kamu perhatikan dalam mengelola ekonomi pribadi maupun perusahaan:

 

Beralih ke Digital


Kemudahan akses pembayaran digital dilengkapi dengan fitur yang makin banyak akan memberikan dampak besar pada ekonomi, khususnya sektor pariwisata, perdagangan, dan UMKM. Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina menandatangani nota kesepahaman Advancing Regional Digital Payment Connectivity.

 

Fleksibel dalam Menyikapi Perubahan

 

Hadapi tantangan krisis pangan, perubahan iklim, perpecahan geopolitik yang berakibat tidak meratanya distribusi sumber daya. Indonesia memiliki kapasitas luar biasa dalam penyatuan pihak-pihak seteru, mempromosikan dialog, dan mencari solusi nyata di tengah pemisahan situasi geopolitik dunia, menurut penuturan SekJen PBB, Antonio Guteres.

 

Mengenai krisis pangan dan energi, ia menyampaikan perlu segera mengupayakan pengentasan kelaparan melalui Black Sea Grain Initiatives. Termasuk, mengupayakan kemudahan akses pangan dan pupuk asal Rusia ke pasar global. Dalam isu krisis energi, Guteres menyatakan tidak ada pilihan lain selain mendorong upaya konkret transisi pemanfaatan energi terbarukan. (Sumber: Tim Komunikasi dan Media G20 Indonesia)

 

Menjawab Kebutuhan Lingkungan Lokal dan Global 

 

Melalui tantangan yang ada, pengusaha lokal diharapkan dapat melakukan dan menyediakan solusi bagi masalah perubahan iklim, krisis pangan, serta pengelolaan distribusi sumber daya melalui manajemen logistik yang tepat.

 

Dalam hal kebijakan pajak, G20 telah memacu OECD untuk mendorong pertukaran informasi terkait pajak untuk mengakhiri penghindaran pajak. Juga kontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 yang mencakup penangguhan pembayaran utang luar negeri negara berpenghasilan rendah, injeksi / vaksin penanganan Covid-19, penurunan/penghapusan bea dan pajak impor, pengurangan bea untuk vaksin, hand sanitizer, disinfektan, alat medis dan obat-obatan. (Sumber: Apa itu G20 dan Manfaatnya untuk Indonesia (kemenkeu.go.id))

 

Utamakan kemajuan bisnis yang handal dengan meningkatkan efisiensi serta kemampuan bisnis berpindah jalur dan arus keuangan, melalui tim yang gesit, sistem yang terintegrasi dan tepat waktu, manajemen keuangan dan pajak, serta penjualan dan menjawab kebutuhan dengan tanggap serta tangguh.

 

Jika anda membutuhkan konsultasi pajak serta keuangan, MSM Consulting siap membantu  anda dan perusahaan anda. Kontak kami untuk menyelesaikan masalah perpajakan dan keuangan anda!

TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps