Welcome to MSM Consulting

News

ARTICLE 2022.09.22

Apa itu SP2DK Pajak? Kepanjangan, Dasar Hukum, dan Contohnya

GET NOTIFIED
SHARE

Bagi orang-orang yang memperoleh SP2DK mungkin akan merasa khawatir dan panik, bertanya-tanya apa yang harus mereka lakukan ketika mendapatkan surat tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap tentang SP2DK mulai dari pengertian, contoh, dasar hukum hingga cara menjawab surat tersebut. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu SP2DK?

Pada dasarnya, SP2DK singkatan dari Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau keterangan (SP2DK). Dalam hal ini, SP2DK pajak adalah surat yang diberikan oleh DJP kepada Wajib Pajak (WP) karena adanya kewajiban yang belum dipenuhi atau belum sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. 

Fungsi SP2DK

Lalu, mengapa SP2DK tersebut diberikan? Pada dasarnya, fungsi SP2DK adalah untuk memberi kesempatan bagi Wajib Pajak dalam melakukan self-assesment, dalam bentuk review maupun klarifikasi terhadap kewajiban perpajakannya. 

Dasar Hukum SP2DK

Dasar Hukum SP2DK adalah Surat Edaran Dirjen Pajak SE-39/PJ/2015 Tentang Pengawasan Wajib Pajak dalam Bentuk Permintaan Penjelasan atas Data Dan/Atau Keterangan, dan Kunjungan Kepada Wajib Pajak. 


Lebih jauh lagi, beberapa Undang-Undang yang melatarbelakangi Surat Edaran tersebut adalah: 

  1. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Mengenai “Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan”
  2. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Mengenai “Administrasi Pemerintahan”
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2011 Mengenai “Tata Cara Pelaksanaan Hak dan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan”
  4. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206.2/PMK.01/2014 Mengenai “Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak”

Sumber Data SP2DK

Kamu mungkin bertanya-tanya, dari mana mereka mendapatkan data-data dari WP tersebut, sehingga bisa memberikan SP2DK? Beberapa sumber data SP2DK adalah dari hasil kunjungan petugas pajak ke lokasi bersangkutan atau diperolehnya data dari pihak ketiga. Ada pula kemungkinan selisih dan ketidaksesuaian ketika dilakukan perhitungan secara fiskus yang menimbulkan dugaan tersebut. 

Contoh SP2DK

Diambil dari Scribd.com, berikut salah satu contoh SP2DK. 



Apa yang Harus Dilakukan Apabila Menerima SP2DK?

Ini salah satu hal yang biasanya ditanyakan orang-orang. Apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan SP2DK? 


Yang paling penting, kamu tidak perlu merasa panik. Setelahnya, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan. 

Baca Informasi yang Tertera

Apa yang membuatmu memperoleh SP2DK tersebut? Apakah ada kewajiban yang belum kamu penuhi? Dan lain sebagainya. Semua hal tersebut bisa kamu temukan dalam surat tersebut. Baca baik-baik hal yang tertera dalam SP2DK tersebut. 


Jika informasi yang ada belum memadai, maka kamu bisa coba menghubungi Account Representative (AR) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Nama dan kontak AR biasanya tercantum dalam surat tersebut. 

Siapkan Dokumen Dukungan

Setelah mengetahui apa data yang harus kamu lengkapi, sekarang waktunya melengkapi dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan. Contohnya adalah apabila kamu pernah membeli rumah dengan sistem KPR, maka kamu bisa menyiapkan dokumen-dokumen pendukungnya. 

Cara Menjawab SP2DK

Setelah semua hal di atas telah terpenuhi, maka kamu tinggal menjawab SP2DK tersebut. Tanggapan dapat kamu sampaikan secara langsung dengan mendatangi KPP bersangkutan sambil memberikan dokumen pendukung yang telah kamu siapkan atau memberi tanggapan secara tertulis hingga online melalui video conference. 


Yang harus kamu pahami, SP2DK adalah salah satu wadah klarifikasi perpajakan yang diberikan pemerintah kepada WP, bukan teguran atau pemeriksaan. Oleh karena itu, apabila kamu telah melaporkan perpajakan sebenar-benarnya, maka kamu tidak perlu merasa khawatir. 


Apabila kamu masih merasa bingung tentang SP2DK maupun masalah perpajakan lainnya, MSM Consulting siap membantumu!


MSM Consulting menyediakan berbagai jasa konsultan pajak terpercaya yang bisa membantu menyelesaikan masalah perpajakan pribadi maupun bisnis kamu. 


Hubungi kami sekarang lewat sini.

TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps