Welcome to MSM Consulting

News

ARTICLE 2022.10.13

Penyebab dan Cara Mengatasi Solusi Error ETAX 40002 Web E-Faktur

GET NOTIFIED
SHARE

Bagi kamu yang sedang mengurus malasah perpajakan perusahaan lewat web e-faktur dan mengalami error service, pastinya akan merasa panik dan bingung. Salah satu jenis error yang paling sering muncul adalah ETAX-40002 error di service. Pertanyaannya, apa arti dari kode tersebut dan bagaimana solusi serta cara mengatasi ETAX-40002 error service? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Arti Kode ETAX-40002 Error Service

Arti kode ETAX-40002 adalah salah satu kode error yang akan muncul ketika terjadi kendala koneksi aplikasi E-Faktur terhadap sistem DJP. Kode ini bisa muncul pada 4 skenario berikut.  

  1. Registrasi E-Faktur
  2. Upload
  3. Pembatan Faktur
  4. Sinkronisasi Profil 

Penyebab Kode ETAX-40002 Error Service

Untuk bisa memahami bagaimana solusi, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya kode error service ETAX-40002. Meskipun tidak ada pernyataan pasti dari pihak DJP, ini 3 penyebab utama munculnya error ETAX-40002. 

Terjadinya Kerusakan Pada Sertifikat Digital


Apabila entah karena satu dan lain hal terdapat virus yang menyerang laptop kamu, maka virus tersebut dapat menyebabkan serfikat digital pajak menjado rusak atau lebih sering disebut dengan istilah corrupt. 


Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa memasang antivirus pada laptop kamu dan menghindari penggunaan flashdisk atau harddisk yang sering berpindah komputer.  

Sertifikat Digital Kadaluwarsa

Selain itu, kemungkinan penyebab munculnya kode error ETAX-40002 adalah sertifikat digital yang telah kadaluwarsa. Banyak yang tidak tau, serifikat digital memang hanya berlaku selama 2 tahun sejak pertama kali diterbitkan oleh DJP. 

Kesalahan Input Passpharase

Sementara itu, penyebab lainnya adalah kesalahan ketika memasukan passphrase yang sifatnya cukup sensitif, sehingga dapat menyebabkan munculnya error ETAX-40002. 

Solusi dan Cara Mengatasi ETAX-40002

Dari pemaparan mengenai penyebab error ETAX-40002 di atas, tentunya solusi dan cara mengatasi ETAX-40002 error service pun akan berbeda-beda tergantung dari jenis masalahnya. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Solusi Kerusakan Sertifikat Digital ETAX-40002

Apabila masalah yang terjadi adalah dari segi kerusakan sertifikat digital, maka kamu tinggal mengunduh kembali sertifikar digital melalui menu “Download Sertifikat Digital” pada web e-faktur. 

Solusi Kadaluwarsa Sertifikat Digital ETAX-40002

Sementara apabila sertifikat digital e-faktur kamu telah kadaluwarsa, maka kamu bisa melakukan perpanjangan ke KPP tempat PKP dikukuhkan dengan prosedur yang sama ketika pembuatan sertifikat pertama kali. 

Solusi Kelasahan Input Passpharase

Untuk yang satu ini, kamu tinggal memasukan kembali passpharase yang tepat dan benar. 


Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai arti hingga cara mengatasi kode error ETAX-40002 pada web e-faktur. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Apabila kamu masih merasa bingung tentang cara pelaporan lewat web e-faktur maupun masalah perpajakan lainnya, MSM Consulting siap membantumu!


MSM Consulting menyediakan berbagai jasa konsultan pajak terpercaya yang bisa membantu menyelesaikan masalah perpajakan pribadi maupun bisnis kamu. 


Hubungi kami sekarang lewat sini.



TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps