Welcome to MSM Consulting

News

ARTICLE 2022.10.19

Serba-Serbi Perpajakan: Hari Pajak Nasional hingga Bapak Pajak Indonesia

GET NOTIFIED
SHARE


Tidak asing lagi dengan pajak, ternyata banyak fakta-fakta unik pajak yang masih banyak belum diketahui orang-orang. Sebut saja adanya hari pajak nasional dan Bapak Pajak Indonesia. Simak ulasan lengkapnya di artikel ini. 

Kapan Hari Pajak Nasional di Indonesia?


Kamu mungkin tidak asing lagi dengan Hari Kesehatan Nasional, Hari Pendidikan Nasional dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu bahwa juga terdapat Hari Pajak Nasional? Yap, Hari Pajak Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 14 Juli .

Kapan Hari Pajak Pertama Kali Diperingati?

Buat kamu yang penasaran latar belakang di balik Hari Pajak Nasional ini, keputusan ini melalui proses yang panjang dan ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-313/PJ/2017 tentang Penetapan Hari Pajak. Keputusan ini sendiri dibuat pada tanggal 22 Desember 2017.  


Jadi jika kamu bertanya kapan hari pajak pertama kali diperingati, maka hari pajak pertama diperingati pada 14 Juli 2018. 


Uniknya sebelum disebut pajak, ternyata sistem ini lebih dikenal dengan nama upeti atau pungutan. Barulah pada tanggal 1 Juni 1945, istilah “pajak” disebutkan dalam pidato Presiden Soekarno. 

Makna Logo Hari Pajak

Logo Hari Pajak sendiri diluncurkan pada tahun 2018. Logo ini terdiri dari gabungan gambar logo manusia, simbol checklist dan simbol gabungan garis yang melambangkan gerakan cepat. 


Paduan warna kuning dan biru digunakan sebagai identitas brand dari Direktoral Jenderal Pajak (DJP) itu sendiri. 




Siapa Bapak Pajak Indonesia?

Bukan hanya Hari Pajak, ternyata ada juga seorang tokoh yang menjadi perwakilan pajak di Indonesia. Bapak Pajak Indonesia adalah Radjiman Wedyodiningrat. Tentunya, nama Beliau sudah tidak asing lagi di telinga kamu, bukan?


Radjiman Wedyodiningrat (1879 - 1952) memiliki peran besar dalam menyusun Rancangan Undang-Undang Indonesia 1945. Namun ternyata bukan hanya itu saja, Beliau juga berperan besar dalam pengaturan pajak di dalam ranah hukum. Beliau jugalah yang menginisiasi agar pembahasan mengenai pajak dilakukan pada sidang BPUPKI-PPKI pada Juli 1945 silam. 


Jika kamu ingat tentang organisasi Budi Oetomo, Radjiman juga sempat memegang jabatan sebagai ketua organisasi ini pada tahun 1914 - 1915. Selain organisasi, Beliau juga aktif melalui karya-karyanya yang telah terbit di majalah Timbul yang berfokus pada aspirasi politik di kala itu. 


Itu dia beberapa serba-serbi perpajakan mulai dari Hari Pajak Nasional hingga Bapak Pajak Indonesia yang masih jarang diketahui orang-orang. Menarik sekali, bukan?


Untuk kamu yang memiliki kesulitan mengenai perpajakan baik pajak pribadi maupun institusional, MSM Consulting siap membantumu!


MSM Consulting menyediakan berbagai jasa konsultan pajak terpercaya yang bisa membantu menyelesaikan masalah perpajakan pribadi maupun bisnis kamu. 


Hubungi kami sekarang lewat sini.

TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps